Kamis, April 24, 2014
   
TEXT_SIZE

CO/CD & Kemiskinan

pekerja sosial yang bekerja di Lembaga Pemasyarakatan  adalah sebagai wali dari warga binaan. Di mana wali pemasyarakatan bertugas untuk mendampingi warga binaan dalam menjalani pembinaan, penghubung antara warga binaan dengan pihak lembaga pemasyarakatan, mengamati segala perilaku warga binaan dan perkembangan pembinaan yang diterima oleh warga pembinaan.
Dalam proses pembinaan yang dilakukan pihak lapas terhadap warga binaanya ada beberapa fasilitas yang dapat diperoleh oleh warga binaan. Setiap warga binaan memiliki wali pemasyarakatan yang akan mendampingi mereka dalam menjalani proses pembinaan. Warga binaan juga bisa melakukan konseling, di mana kegiatan konseling ini bertujuan agar setiap warga binaan untuk menceritakan permasalahan yang dihadapinya, begitupula dengan tim konseling akan berusaha untuk membantu warga binaan menghadapi permasalahannya.
Mendengar pemaparan dari pekerja sosial yang bekerja pada Lembaga Pemasyarakatan akan sedikit saran yang ingin saya sampaikan yaitu :
1. Agar pekerja sosial dapat lebih meningkatkan kemampuannya dalam memberikan pertolongan terhadap warga binaan pemasyarakatan.
2. Pekerja sosial dapat meningkatkan perannya di setting koreksional khususnya di Lembaga Pemasayarakatan  dalam arti tidak hanya verperan sebagai wali akan tetapi bisa ditingkatkan menjadi peran – peran yang lain yang ada di dalam dunia pekerjaan sosial.