Home
  • Register

IPSPI memberikan Bimbingan Orientasi kepada Pekerja Sosial Supervisor PKH

 

April, 2018 – Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) bersama lembaga atau organisasi yang terkait profesi Pekerja Sosial/ Kesejahteraan Sosial bekerjasama dengan Kementerian Sosial RI telah memberikan orientasi kepada Pekerja Sosial Supervisor Program Keluarga Harapan (PKH). Berperan sebagai fasilitator, materi disampaikan adalah berupa tugas dan peran dari Pekerja Sosial Supervisor PKH. 

Pekerja Sosial Supervisor PKH merupakan kalangan profesional dalam bidang pekerjaan sosial, saat ini tercatat berjumlah 421 orang. Memiliki latar belakang pendidikan sebagai Pekerja Sosial yang diselenggarakan oleh berbagai perguruan tinggi bidang ilmu kesejahteraan sosial atau bidang pekerjaan sosial.

"Dengan adanya Pekerja Sosial Supervisor ini, saya berharap mereka dapat mendorong Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH lebih fungsional dan produktif sehingga kita mampu mengatasi masalah kemiskinan" ujar Idrus Marham selaku Menteri Sosial RI.

Saat ini, PKH telah dijadikan program utama pemerintah dalam mengatasi permasalahan kemiskinan di Indonesia. Dengan sistem Cash Conditonal Transfer (CCT) maka terdapat program bantuan sosial dan upaya perubahan perilaku melalui Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2).

Pekerja Sosial Supervisor sebagai kalangan profesional dinilai memiliki kompetensi untuk mendukung tujuan dari PKH, selain itu dalam sambutannya Harry Hikmat selaku Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial menyatakan bahwa “Pekerja Sosial perlu memiliki lisensi Pekerja Sosial Profesional, bahkan sampai memiliki ijin praktik mandiri”.

IPSPI sebagai wadah bagi pekerja sosial profesional mendukung pelaksanaan PKH di Indonesia serta mengajak para Pekerja Sosial Supervisor untuk memiliki lisensi Pekerja Sosial Profesional. Untuk memiliki lisensi tersebut maka seorang pekerja sosial harus menjadi anggota IPSPI, dan untuk menjadi seorang anggota maka diperlukan untuk mengikuti uji sertifikasi dan kompetensi yang diselenggarakan di DPD IPSPI masing-masing wilayah.

Salam Solidaritas.

Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI)

  • Tab 1

    IKATAN PEKERJA SOSIAL PROFESIONAL INDONESIA

     

     

     

     

  • Tab 2

    Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) adalah nama organisasi profesi pekerjaan sosial di Indonesia
    A. Tujuan IPSPI
    1) Mewadahi Pekerja Sosial Profesional di Indonesia,
    2) Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan professional Pekerja Sosial Indonesia,
    3) Memberikan arah bagi standarisasi praktek pekerjaan sosial dan izin praktek bagi pekerja sosial,
    4) Memberikan perlindungan kepada anggota dan masyarakat penerima pelayanan Pekerja Sosial,
    5) Membina kerjasama guna kemajuan dalam pengembangan keilmuan dan profesionalisme anggota melalui pemupukan rasa kekeluargaan sesame anggota dan meningkatkan kerja sama dengan organisasi keilmuan dan profesi lainnnya baik di dalam maupun di luar negeri,
    6) Melaksanakan pembangunan nasional Indonesia pada umumnya, serta secara khusus pembangunan sosial dan pelayanan kesejahteraan sosial.

KONTAK KAMI

Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial RI, Lt.3

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.