Home
  • Register

Evaluasi Bimtek dan Uji Kompetensi Pekerja Sosial

      

Bidang Diklat, Penelitian dan Pengembangan Profesi DPP IPSPI tanggal 8 s.d. 9 Oktober 2016 mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Bimbingan Teknis, Komitmen dan Kompetensi Peserta terhadap Pelaksanaan Ujian Kompetensi Pekerjaan Sosial. Penelitian diketuai Sugeng Pujileksono selaku ketua bidang. Tujuan penelitian untuk melakukan evaluasi pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan uji kompetensi (Ukom) sertifikasi pekerja sosial. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan perbaikan bimtek dan ukom yg telah dilaksanakan sejak 2012.

Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dengan skala likert.Penyebaran angket telah dimulai saat pelaksanaan ukom di Pengisian angket penelitian dilaksanakan di Panti Sosial Anak Darussa'adah Banda Aceh Provinsi DI Aceh tanggal 8 sampai 9 Oktober 2016. Angket yang disampaikan kepada peserta berjumlah 24 buah, namun hanya  21 angket yang dikembalikan. Penyebaran angket selanjutnya direncanakan saat ukom di Semarang tanggal 18 sampai dengan 19 Oktober 2016. Koordinator penyebaran angket Mira Wuryantari selaku Kasubbid Sertifikasi Pusat Pengembangan Profesi Pekerjaan Sosial dan Penyuluh Sosial Kementerian Sosial RI sekaligus Sekretaris Bidang  Diklat, Penelitian dan Pengembangan Profesi  DPP IPSPI.
Penelitian terselenggara atas kerjasama DPP IPSPI, Pusbangprof Peksos & Pensos, dan LSPS. Selanjutnya dilaksanakan FGD terhadap pekerja sosial telah mengikuti ukom sertifikasi untuk dilakukan penguatan temuan data kuantitatif,. FGD direncanakan dilaksanakan di DPD IPSPI Jatim, Yogya dan Jabar. Analisis data menggunakan SPSS dan uji f utk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi pelaksanaan ukom. Penelitian ini sekaligus untuk memetakan spesialisasi peksos di daerah.
Analisis kuantitatif dilakukan setelah terkumpul minimal 50 responden. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat dijadikan dasar pijakan untuk penelitian selanjutnya yang bertemakan “evaluasi peksos tersertifikasi”.

 

  • Tab 1

    IKATAN PEKERJA SOSIAL PROFESIONAL INDONESIA

     

     

     

     

  • Tab 2

    Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) adalah nama organisasi profesi pekerjaan sosial di Indonesia
    A. Tujuan IPSPI
    1) Mewadahi Pekerja Sosial Profesional di Indonesia,
    2) Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan professional Pekerja Sosial Indonesia,
    3) Memberikan arah bagi standarisasi praktek pekerjaan sosial dan izin praktek bagi pekerja sosial,
    4) Memberikan perlindungan kepada anggota dan masyarakat penerima pelayanan Pekerja Sosial,
    5) Membina kerjasama guna kemajuan dalam pengembangan keilmuan dan profesionalisme anggota melalui pemupukan rasa kekeluargaan sesame anggota dan meningkatkan kerja sama dengan organisasi keilmuan dan profesi lainnnya baik di dalam maupun di luar negeri,
    6) Melaksanakan pembangunan nasional Indonesia pada umumnya, serta secara khusus pembangunan sosial dan pelayanan kesejahteraan sosial.

KONTAK KAMI

Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial RI, Lt.3

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.