Home
  • Register

Seminar Internasional memperingati Hari Pekerjaan Sosial se Dunia

By: Lukas

Jakarta, 17 Maret 2015. Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial bekerja sama dengan Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) menyelenggarakan acara Seminar Internasional memperingati Hari Pekerjaan Sosial se Dunia bertempat di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial. Acara ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Toto Utomo Budi Santosa yang hadir mewakili Menteri Sosial dan sekaligus membacakan Keynote Speech Menteri Sosial kepada kurang lebih 800 peserta seminar. 

Dalam keynote speech disampaikan bahwa tema seminar ‘Kesiapan, Peluang dan Tantangan Pekerja Sosial dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN Tahun 2015’ relevan untuk mempersiapkan dan meningkatkan kemampuan profesional Pekerja Sosial dalam menghadapi tantangan dunia global yang membawa banyak perubahan termasuk dalam masalah-masalah sosial. Salah satu upaya yang telah dilakukan pemerintah adalah Standardisasi Kompetensi SDM dan Standardisasi Pelayanan Lembaga Kesejahteraan Sosial melalui ‘Sertifikasi Pekerja Sosial & Tenaga Kesejahteraan Sosial dan Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial’ Pemerintah (Kementerian Sosial) juga bersinergi dengan mitra yakni Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) ; Ikatan Pendidikan Pekerjaan Sosial Indonesia (IPPSI) dan Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial (DNIKS) dalam Pengembangan Profesi Pekerjaan Sosial di Indonesia dan implementasi kebijakan sosial. Kualitas Pekerja Sosial sangat ditentukan oleh kualitas penyelenggaraan pendidikan. Oleh sebab itu salah satu langkah penting lainnya yang sedang dilakukan secara bertahap adalah menyusun dan menetapkan standar minimum (kurikulum inti) Pekerjaan Sosial yang perlu dikembang di kawasan ASEAN, kemudian menyusun sistem akreditasi bagi perguruan tinggi pekerjaan sosial di ASEAN sehingga tercipta saling mengakui dan keterpercayaan akademik (academic credentials). Kesatuan pandang, tindak, pendekatan dan mutu pekerja sosial profesional yang tinggi merupakan prasyarat untuk menghadapi kawasan lain pada era persaingan global di tingkat Internasional. Seminar ini diharapkan mampu mendorong para Pekerja Sosial untuk saling mendukung dan saling belajar melalui pertukaran gagasan, keahlian dan sumber lainnya termasuk memperkuat kerjasama dengan profesi lain; meningkatkan kemitraan dalam penelitian, advokasi, pengembangan pengetahuan, dan pengembangan kapasitas; memperkuat organisasi profesional dan jejaring kerja yang terkait dengan pilar-pilar pekerjaan sosial dan atau penyelenggaraan kesejahteraan sosial; dan meningkatkan kontribusi profesi pekerjaan sosial di dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di masyarakat ASEAN terutama di Indonesia.

IPSPI dipimpin oleh Bapak Drs. Tata Sudrajat, MSi selaku Ketua Umum IPSPI, Ibu Nurul Eka Hidayati, MSi selaku Sekjen IPSPI dan Rizky Aldino, S.Sos selaku sekretariat IPSPI. KPSI dipimpin oleh Ibu Miryam Nainggolan, PSi., MSW dan dua orang anggota dewan pakar KPSI yaitu DR. Sahawiah Abdullah, MSi dan dr. Pandu Setiawan, SpKj.

 

  • Tab 1

    IKATAN PEKERJA SOSIAL PROFESIONAL INDONESIA

     

     

     

     

  • Tab 2

    Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) adalah nama organisasi profesi pekerjaan sosial di Indonesia
    A. Tujuan IPSPI
    1) Mewadahi Pekerja Sosial Profesional di Indonesia,
    2) Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan professional Pekerja Sosial Indonesia,
    3) Memberikan arah bagi standarisasi praktek pekerjaan sosial dan izin praktek bagi pekerja sosial,
    4) Memberikan perlindungan kepada anggota dan masyarakat penerima pelayanan Pekerja Sosial,
    5) Membina kerjasama guna kemajuan dalam pengembangan keilmuan dan profesionalisme anggota melalui pemupukan rasa kekeluargaan sesame anggota dan meningkatkan kerja sama dengan organisasi keilmuan dan profesi lainnnya baik di dalam maupun di luar negeri,
    6) Melaksanakan pembangunan nasional Indonesia pada umumnya, serta secara khusus pembangunan sosial dan pelayanan kesejahteraan sosial.

KONTAK KAMI

Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial RI, Lt.3

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.