Home
  • Register

Workshop Pengurangan Resiko Bencana

By: Nurul Eka Hidayati

Pada tanggal 27-28 Januari 2014, bertempat di Wisma Pandawa, Bandung,  IPSPI bekerjasama dengan Ikatan Pendidikan Pekerjaan Sosial beserta IFSW (International Federation of Social Work)-Asia Pacific dengan di dukung oleh Kementerian Sosial, menyelenggarakan Workshop Pengurangan resiko bencana bagi para pekerja sosial se Asia PAcific. Workshop di hadiri oleh 80 orang peserta yang terdiri dari para pekerja sosial profesional dan praktisi kebencanaan serta para pendidikan (dosen) yang bekerja di bidang bencana. 

 

Workshop menghasilkan sejumlah rekomendasi-rekomendasi yang perlu di tindak lanjuti oleh IPSPI dan IPPSI, diantara rekomendasinya antara lain: perlunya kegiatan pengembangan kapasitas bagi para profesional dalam bidang kebencanaan yang terutama memasukkan unsur-unsur lokal atau kekhasan Indonesia dalam situasi bencana.

Wokshop dibuka oleh Bapak Drs. Toto Utomo Budi Santoso, MSi selaku Sekjen Kementerian Sosial, juga pada kesempatan kali ini datang mendampingi hingga akhir adalah President IFSW-AP Prof. John Ang, Prof. Mariko Kimura (Large Member of IFSW-AP) serta Prof. Machiko Hirata dan Ryo Oshima dari Japanese Certified Social Workers). 

Narasumber Workshop ini antara lain: Ms. Eva P. Ponce de Leon yang merupakan President PASWI (The Philippine Association of Social Work Inc), Makmur Sunusi, PhD (Staf Ahli Kementerian Sosial RI), DR. Puji Pujiono (Chief, Disaster Risk Reduction), Prof. Adi Fahrudin (Universitas Muhammadyah Jakarta), Dra. Milly Mildawati, MSI (STKS). Kegiatan Workshop dimoderatori oleh Ibu Miryam Nainggolan, PSi., MSW & Ibu Binahayati Rusidi, PhD. Pengorganisasian workshop dipimpin oleh Nurul Hidayati dibantu sejumlah pengurus IPSPI dan IPPSI.

 

 

 

  • Tab 1

    IKATAN PEKERJA SOSIAL PROFESIONAL INDONESIA

     

     

     

     

  • Tab 2

    Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) adalah nama organisasi profesi pekerjaan sosial di Indonesia
    A. Tujuan IPSPI
    1) Mewadahi Pekerja Sosial Profesional di Indonesia,
    2) Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan professional Pekerja Sosial Indonesia,
    3) Memberikan arah bagi standarisasi praktek pekerjaan sosial dan izin praktek bagi pekerja sosial,
    4) Memberikan perlindungan kepada anggota dan masyarakat penerima pelayanan Pekerja Sosial,
    5) Membina kerjasama guna kemajuan dalam pengembangan keilmuan dan profesionalisme anggota melalui pemupukan rasa kekeluargaan sesame anggota dan meningkatkan kerja sama dengan organisasi keilmuan dan profesi lainnnya baik di dalam maupun di luar negeri,
    6) Melaksanakan pembangunan nasional Indonesia pada umumnya, serta secara khusus pembangunan sosial dan pelayanan kesejahteraan sosial.

KONTAK KAMI

Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial RI, Lt.3

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.